Senin, 16 Mei 2011

it's not easy to being an Arsenal fan

yaak, musim EPL 2010/2011 tinggal menyisakan satu pertandingan lagi. dan sudah mendapatkan hasil juara yaitu Manchester United yang mendapatkan gelar ke-19 nya.
diikuti oleh Chelsea di urutan kedua. Arsenal urutan ketiga. Manchester City urutan keempat. Tottenham hotSpurs di nomor 5, dan nomor 6 diisi oleh Liverpool. (terakhir saya tulis di tanggal 16 Mei 2011 dengan menyisakan satu pertandingan lagi)

disinii, gue cuma mau ngebahas soal Arsenal. yes. i am a gooner. and always proud to be a gooner. why??

banyak sekali pertanyaan kenapa yang muncul untuk gue, khususnya karena posisi gue sebagai seorang Gooner.

biarlah gue cerita sedikit asal usul gue bisa suka sama Arsenal.


awal gue suka bola itu adalah setelah piala dunia 2010. yak. memang baru baru ini aja sih sukanya. dan klub yang gue suka awalnya bukan Arsenal. fyi, gue malah benci sama Arsenal pada awalnya, karena klub ini membuat hasil seri saat melawan Liverpool. yak, saat itu gue suka sama Liverpool, karena Steven Gerrard (yang notabene adalah kapten Inggris, yaitu negara yang gue dukung saat World Cup kemaren) maen di Liverpool. dan (gue inget banget) Chamakh bikin gol telatnya yang akhirnya membuat hasil berakhir imbang. and i don't like Chamakh at that time.
selanjutnya, gue nggak mendukung Liverpool, tapi gue mendukung Chelsea. why?? karena warna bajunya Chelsea adalah biru. dan gue suka warna biru -_____-
lama kelamaan, makin kesini, makin banyak nonton pertandingan EPL, gue ngeliat pemain Arsenal, kok malah suka. padahal waktu awal-awal, Arsenal itu sering kalah, padahal maen di kandang sendiri (Emirates Stadium). malahan lebih bagus main tandanga, daripada main kandang.
alasan pertama gue suka Arsenal adalah karena pemain Arsenal itu ganteng-ganteng. HAHAHAHA. yaaa, namanya juga cewe. yang diliat pertama dari cowo itu pasti tampang. sebut saja pemainnya adalah Fabregas. YEAH. pemain favorit gue adalah Fabregas. walaupun gue pendukung England NT, tapi pemain favorit gue adalah Fabregas. karena diaa... yap, benar sekali! GANTENG! hahahhaa

tepatnya lupa di match ke berapa, gue akhirnya suka Arsenal. mulai hafal nama-nama pemainnya. mulai sering baca-baca tentang berita-berita Arsenal yang udah 5 tahun ini puasa gelar. CMIIW, gelar terakhir yang didapet itu adalah FA Cup tahun 2005. dan sampe sekarang belom pernah (lagi) angkat piala di Emirates Stadium selain Emirates Cup.

awal musim 2010/2011 ini bener2 dijalanin sama tim the Gunners dengan sangat baik. bertengger di posisi 2 sejak awal klasemen, dibawah Chelsea (yang pada awal musim bener2 sangat gerilya sekali The Blues ini) yang akhirnya peringkat satu digusur sama MU di tengah2 musim, karena Chelsea banyak kehilangan pemainnya akibat cidera. Arsenal tetep di posisi 2.
di tengah musim. Arsenal masih bermain di 4 kejuaraan bergengsi di Eropa dan Inggris, yaitu Liga Champion, EPL, FA Cup, dan Piala Carling. dimana saat itu, posisi Arsenal masih diunggulkan untuk bisa mengakhiri puasa gelarnya di tahun ini.

tapi prahara datang disaat Arsenal sebenarnya diharapkan menang di suatu pertandingan. The Gunners yang saat ini squadnya banyak sekali diisi pemain muda (kalo gak salah rata2 umur pemainnya 23/24 tahun) banyak sekali menerima kekalahan.

di Carling Cup, Arsenal berhasil masuk ke final, dan melawan Birmingham City, akibat kesalahan pemain Arsenal sendiri khususnya di lini belakang, Arsenal malah menerima kekalahan di menit-menit terakhir pertandingan, dengan hasil akhir 2-1 untuk Birmingham City. Piala Carling tak mampu teraih.
di Liga Champion, Arsenal tersandung saat masuk ke babak 16 besar. bertemu kembali dengan Barcelona yang juga menjegal Arsenal di Liga Champion musim sebelumnya. di leg 1, main di Emirates Stadium, Arsenal menang 2-1. di leg 2, main di Camp Nou, Arsenal harus tunduk 3-1. karena agresifitas Arsenal yang hilang ditambah kerugian kehilangan van Persie yang dikartu merah HANYA KARENA tidak mendengar peluit wasit yang mengingatkan kalo van Persie sudah masuk posisi offside.
di FA Cup, Arsenal disandung oleh rival utama nya, yaitu MU, saat dikalahkan 2-0 di Old Trafford.
di EPL, satu-satunya harapan terakhir buat The Gunners, Arsene Wenger dan fans, saat diharapkan bisa menyalip MU di posisi utama, dengan hanya selisih poin 3, Arsenal malah sering sekali bermain imbang. bahkan di akhir musim ini, Arsenal lebih sering kalah daripada menang.
baca berita sih, dari 12 kali pertandingan di semua kompetisi, Arsenal hanya menang 2 kali. sisanya imbang dan bahkan kalah. padahal di pertengahan musim, Arsenal jarang sekali kalah, bahkan imbang. Arsenal sering sekali mendapatkan poin 3 di setiap pertandingan. dan penurunan agresifitas permainan Arsenal dimulai sejak kekalahan The Gunners di final Piala Carling.

banyak yang bilang Arsenal gak punya mental juara.
banyak yang bilang kekalahan itu karena Arsenal cuma diisi pemain muda, gak punya pemain profesional.
banyak yang bilang, Arsenal gak bisa mempertahankan pemain bintangnya. sebut saja Thiery Henry yang sekarang main di Amerika, William Gallas yang dulunya kapten sekarang main di Spurs, padahal Spurs adalah salah satu rival abadi Arsenal, terus Patrick Vieira yang sekarang malah main di Manchester City yang sudah siap mengejar Arsenal untuk menempati posisi 3 klasemen akhir EPL, dan satu lagi Robert Pires yang sekarang main di Aston Villa, yang kemarin mengalahkan Arsenal 2-1 di kandang sendiri.

terus kenapa gue masih suka Arsenal? melihat kondisi Arsenal sekarang yang masih belom bisa mengakhiri puasa gelarnya padahal BANYAK BANGET kesempatan yang akhirnya disia-siakan.

ini jawaban gue:
1. gue bukan Glory Hunter! gue bukan orang yang suka sama satu klub karena klub itu sering juara. atau karena ngikutin temen gue yang suka klub ini, atau lebih parah lagi karena pacar juga suka sama klub itu jadi kita ikut ngedukung. HAHAHAA.
2. Arsenal punya sejarah yang membanggakan. di musim 2003/2004. Arsenal jadi juara EPL, dengan mengukir sejarah baru sebagai klub yang tidak terkalah selama satu musim penuh. CMIIW, musim itu, Arsenal menang 28 kali, 12 kali seri, dan 0 kekalahan. dan yang gue tau, sampe saat ini belum ada yang bisa melakukan rekor unbeatable selama satu musim penuh. selain itu, Arsenal juga menjadi klub pertama dari Inggris yang bisa mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu saat Liga Champion tahun 2006, padahal saat itu Real Madrid masih banyak diisi pemain bintang yang legendaris, kaya Zidane, Beckham, Ronaldo, Carlos, etc.
3. Arsenal bukan membeli pemain bintang, tapi Arsenal menciptakan pemain bintang. contohnya yaa Fabregas itu. dibalut dengan awal yang ciamik dari akademi La Masia (klub muda Barcelona) dan digodok selama 6 tahun di Arsenal, dan gosip terakhir mengatakan, Fabregas akan pindah dari Arsenal dan diminati oleh 4 klub besar Eropa, Barcelona, Real Madrid, Inter Milan, dan Manchester City
4. walaupun diisi pemain muda, Arsenal disebut sebagai klub yang selalu bisa memainkan pertandingan secara cantik dan menarik.

selalu ada saat suatu klub meraih kemenangan, dan ada saatnya suatu klub menerima kekalahan. dan Arsenal sedang berada di posisi yang tidak mengenakkan. untuk klub, dan untuk para fansnya.
tapi banyak orang yang mengatakan, pendukung setia itu terlihat adalah saat klub yang disukainya menerima kekalahan. karena tidak mudah untuk tetap mendukung saat klub kesukaan mu bermain jelek dan tidak menghasilkan hasil yang diinginkan, ditambah lagi sulit sekali menerima ejekan yang datang dari pendukung klub lainnya.

but, for sure, i always proud when i say, I AM A GOONER! saya pendukung Arsenal.
tim yang kalian bilang kalahan, tim yang kalian bilang gak punya mental juara.
gue akan tetap menyukai mereka. dan perlu diperhatikan, dengan atau tanpa Fabregas didalamnya. karena banyak yang bilang, gue suka Arsenal karena ada Fabregasnya, dan nanti kalo Fabregas pindah, gue jadi gak suka lagi sama Arsenal. hahaha. tidak bisaa!!

semoga gue juga bukan pendukung yang labil karena ini baru taun awal gue suka sama Arsenal. semoga akan selalu ada banyaaaakkkk sekalii alasan kenapa gue bisa jatuh cinta setengah mati sama Arsenal kaya sekarang.

because, like i said before, it's not easy to being an Arsenal fan. lebih mudah menemukan alasan untuk tidak menyukai Arsenal, daripada untuk menyukainya. dan hanya orang2 tertentu saja yang bisa menemukan alasan-alasan kenapa Arsenal selalu bisa untuk dicintai. dan hanya kami yang mengerti, kenapa Arsenal tidak pernah ditinggalkan oleh fans setianya.

terima kasih.
(kalo ada yang gak suka sama postingan ini ya gak usah dibaca, ini kan blog gue, terserah dong kalo gue mau nulis apa aja *kok jadi emosi??* hahaha. kidding.)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

VCC-COYG! Rata rata pendukung arsenal adalah orang yg cerdas... gak tau gmn penjelasan ilmiahnya... tp yg jelas pendukung arsenal adalah org yg bermental berjuang...pantang menyerah dan berkomitmen... konsisten dalam berjuang...dan meskipun dalam masa terpuruk..namun arsenal mampu memancarkan kharisma agar pendukung nya tetap loyal... hal yg menakjubkan bukan? :D

Posting Komentar

 
Copyright 2009 blog POPPY. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase