Sabtu, 09 Februari 2013

How I 'Met' SHINHWA


15 years and still counting~

menulis itu perlu mood. mood untuk menulis (apa sih dibolak-balik begini)
sebenernya ide untuk nulis di blog lagi udah ada dari kemaren-kemaren. tapi mood nya yang gak muncul-muncul, jadinya ide nya mengendap saja di dalam otak..

okee. here i come again. with the new idea and (finally) the mood to write this idea on my blog. so welcome me :D

pada kesempatan kali inii, gue mau nyeritain soal pengalaman gue sebagai seorang fangirl baru.. suka K-Pop emang udah lumayan lama sih, dari tahun 2010 disebabkan karena temen-temen deket gue di kampus kebanayakan suka K-Pop, gue nya jadi ketularan.

oke, gue gak akan nyeritain kenapa gue suka K-Pop, tapi tulisan gue kali ini emang mau ngomongin tentang hal yang berhubungan sama K-Pop (ribet :p). gue bakalan nyeritain gimana gue bisa nyemplung dan akhirnya malah asik berenang di dunia fangirl dalam sebuah fandom yang bernama "Shinhwa Changjo"

oooo. ada yang bingung? Shinhwa Changjo itu apaa?
disaat kebanyakan orang di Indonesia mungkin kenalnya sama fandom yang namanya ELF buat Super Junior atau Hottest buat 2PM, atau VIP buat Big Bang.

just for your information, Shinhwa Changjo itu adalah fandom buat boyband (entah apakah mereka masih pantas disebut boyband atau enggak xD) yang bernama SHINHWA. mereka debut tanggal 24 Maret. bukan, bukan boyband rookie yang baru debut setahun atau dua tahun lalu, tapi tanggal 16-17 Maret 2013 besok, mereka akan ngadain konser sekalian ngerayain anniversary debut mereka yang ke-15. iyyyaaa, LIMA BELAS TAHUN mereka udah berkarya di dunia permusikan di Korea sana. baik itu dengan aktivitas grup ataupun aktivitas solo mereka. mereka debut tahun 1998 dan jadi salah satu anggota 1st generation idol K-Pop, bersama dengan H.O.T atau G.O.D

and here they are. SHINHWA:

Andy (maknae), Dongwan (my bias :p), Minwoo, Hyesung, Junjin, and Eric (Leader)

tidak. gue gak akan nyeritain dischography, history, atau memory (???) tentang mereka. karena cerita tentang mereka udah banyak banget diceritain (googling aja sendiri :p) dan pastinya akan lebih detail penjelasannya daripada harus gue yang nyeritain. gue disini cuma mau nyeritain gimana awal gue bisa tau mereka, suka sama musik, variety show dan kelakuan mereka yang kadang aneh (kadang? selalu deh kayaknya), dan akhirnya malah jadi addicted sama mereka. 

addicted.. kedengerannya lebay. tapi yaa memang begitu keadaannya. kondisi gue yang saat ini gak bisa kalo sehari aja gak nonton video atau baca berita tentang mereka atau dengerin lagu-lagu mereka. syeeeehhhh~~

cerita berawal dari gue yang emang suka K-Pop, baca-baca berita di salah satu situs berita tentang K-Pop ada berita tentang boyband yang baru release video klip judulnya "Venus". iseng-iseng gue nonton videonya, dan komentar pertama gue saat denger reff pertama nya adalah "apaan sih nih?" HAHAHAHA.. karena emang gak kenal siapa Shinhwa dan terus denger lagunya, "you're my love.. oh.. oh.. oh.. Venus" gue langsung tutup akun yutup pas video klip nya masih setengah jalan. :D abis itu, sudah.. gak ada kelanjutannya. tapi masih sering baca di beberapa situs kalo comeback nya Shinhwa ini rame banget.

kemudian, kejadian selanjutnya adalah saat gue nonton salah satu variety show yang judulnya Strong Heart, episode yang gue tonton itu salah satu bintang tamunya adalah Seung Ri dan G-Dragon dari Big Bang (gue suka sama Seung Ri. dan yaa, gue adalah salah satu K-Pop-ers yang gak pernah berani nyebut diri gue sendiri sebagai salah satu anggota fandom dari boyband2 yang ada karena kecupuan gue di dunia K-Pop padahal saat itu gue juga suka sama 2PM dan CNBLUE tapi gak berani nyebut diri gue sebagai Hottest atau Boice :D) awalnya cuma nonton cut-cut bagian Seung Ri sama GD aja, tapi akhirnya dapet yang full episode dari temen. dan ternyata, di episode 65 ini, bintang tamu selain GD dan Seung Ri diantaranya ada Kim Dongwan!! 
awalnya biasa aja, tapi kok GD sama Seung Ri ini keliatannya respect banget sama Dongwan, dan MC-nya juga nyebut nyebut Shinhwa sebagai boyband legendaris. terus gue mbatin, "kok kayanya gue pernah denger soal Shinhwa-Shinhwa ini" dan keinget pernah nonton sepintas MV Venus waktu itu..

karena memang tertarik sama Kim Dongwan di Strong Heart yang pinter ngomong (alias bawel) dan cakep banget juga (senyumnya luar biasa banget >.<) dan jadilah, gue searching kembali MV Venus di Yutup. terus nonton dan akhirnya suka. tapii, yang jadi permasalahan adalah, saat nonton MV nya, Kim Dongwan yang gue suka inii, dia itu yang manaaaaaaaaa?? HAHAHAHA. karena memang betul kata orang2, orang Korea itu kalo diliat cuma sekilas-sekilas gitu yaa hampir samaa. awalnya gak bisa ngebedain antara mana Dongwan dan mana Junjin? karena model rambut mereka sama kan waktu ituu.. ahahahahhaa..

karena di lingkungan pergaulan gue yang suka K-Pop gak ada yang suka Shinhwa juga. akhirnya perkenalan gue sama Shinhwa cuma sampe sebatas nonton MV Shinhwa ajaa dan nonton beberapa video-video mereka saat comeback, such as interview, dll..

gue suka nonton variety-variety show nya Korea, dan liat di salah satu situs ada variety show baru namanya Shinhwa Broadcast. karena memang suka nya sama Shinhwa baru begitu-begitu ajaa, jadi yaa belom tertarik nih nonton ShinBang. takutnya gak lucu. takutnya gak seru. takutnya garing. jadi yaa lewat begitu ajaa.

awal-awal kenal Shinhwa waktu itu gue lagi jaman-jaman ngerjain skripsi. mahasiswa tingkat akhir yang labil dan stress gara-gara skripsi yang saat itu sedang butuh hiburan, akhirnya gue nanya sama temen gue yang udah jadi senior di dunia per-K-Pop-an. "variety show yang layak ditonton itu apa yaa? yang menghibur dan lucu" dan entah ini namanya jodoh atau emang takdir gue buat akhirnya kenal Shinhwa, temen gue bilang, "coba nonton deh Shinhwa Broadcast! lucu banget ituu.." aaahhh! Shinhwa Broadcast!!! akhirnya gue donlot untuk pertama kali, lalu nonton dan testimoni gue adalah..... "KEMANA AJAAA GUEE BARU NONTON SHINBANG SEKARANG?? BARU KENAL SHINHWA SEKARANG?? KOCAK PARAAAHHH.." xD dan disinilah awalnya akhirnya gue kenal Shinhwa dan menjadi fans baru yang masih piyik dari 6 om-om yang kelakuannya kaya anak SD itu. 

ini salah satu scene Shinhwa di salah satu episode Shinhwa Broadcast.

mulai saat itulah gue cari-cari informasi tentang mereka, yang debut dari tahun 1998 dari SM terus akhirnya keluar karena kontrak mereka abis. dan gabung sama Good! Ent. buat aktivitas group dan punya aktivitas solo masing-masing. ada yang aktif di akting ada yang punya solo album. dan syukurlah, mereka gak pernah lupa kalo mereka adalah Shinhwa. dan sampe perayaan anniversary di angka ke-15 ini, masih tetep Shinhwa dengan 6 member nya yang gak pernah ganti walopun sang maknae sempet 'menghilang' di tahun 2001 dan balik lagi setahun kemudian. 

gak perlu gue ceritain apa aja aktivitas mereka selama 15 tahun, baik itu yang grup atau yang solo. atau ada cerita apa aja yang mereka alamin selama 15 tahun sama-sama. dari cerita bahagia, cerita mereka berantem satu sama lain, cerita sedih mereka, ataupun cerita lainnya. sedikit banyak gue tau cerita-cerita dari yang nyari sendiri, kepo-in socmed orang lain yang udah jadi Shinhwa Changjo senior xD ataupun yang diceritain sama temen-temen. dan Alhamdulillah, cerita-cerita mereka bikin gue tambah suka sama Shinhwa. :D

"proud to be a Shinhwa Changjo" ini kata-kata yang sering gue baca disetiap cerita-cerita orang yang udah jadi ShinChang sejak lama. and YES, I'M ONE OF THEM. 

baru sama Shinhwa aja yang bikin gue sampe cari-cari cerita lama mereka, kenapa mereka keluar dari SM, ada kisah apa setelah mereka keluar dari SM, dan siapa aja mantan pacar member2nyaa. hihihihii~~ 
baru Shinhwa aja yang bisa bikin gue punya album K-Pop pertama (walaupun dapet albumnya juga kado dari temen :p) yang CD nya gak pernah gue denger dari pertama punya sampe sekarang. tapi yang penting seneng bisa punya albumnya :))
baru Shinhwa aja yang bikin gue jadi salah satu member di fanbase-nya. padahal sebelum2nya suka sama boyband2 K-Pop, gue males aja sampe ikutan member2 segala. tapi buat ShinChang, apa yang enggak? xD
dan baru Shinhwa juga yang akhirnya bikin gue berani ngeluarin sekian ratus ribu dari tabungan sendiri buat bisa beli DVD konsernya. 

karena gue adalah fangirl miskin, yang gak mampu buat nonton konser mereka di Seoul langsung atau ngikutin mereka di beberapa konser Asia Tour, jadinya harus puas dengan nonton dvd konser nya ajaa, dan wwwoooooowwwww, gue merinding. seriously, ngeliat gimana orange light stick menuhin bangku penonton, gimana Shinhwa bener-bener nguasain panggung, interaksi sama penonton, dan di-idolai oleh para idol masakini. FYI, Changmin DBSK, Kyuhyun Suju, Hyoyeon & Sooyoung SNSD, 2PM and other idols came to their 14th anniversary concert in Seoul. Shinhwa is an idol for many idols. itu benar adanya :))

a scene from their Asia Tour concert in 2012~

kayanya semua ShinChang juga sama, mereka suka sama Shinhwa karena mereka apa adanya. dari jaman debut dulu emang gak jaim, mau nunjukin ke-dorky-annya, and yes, we love them because of that. 
kelakuan yang kaya anak-anak, padahal umur udah di pertengah 30-an. yang selalu bisa bikin suasana ribut dan seru walopun cuma ada mereka ber-6. 
Shinhwa with their 4d-leader. Shinhwa dengan Minwoo, king of fanservice. Shinhwa dengan love-hate relationship-nya yang ditunjukin sama RicSyung yang katanya gak akrab, tapi tinggal di gedung apartemen yang tetanggaan. Shinhwa dengan maknae-nya yang ternyata juga jadi bos salah satu boyband, Andy-sajangnim. Shinhwa dengan Junjin yang sering cerita bohong biar suasana jadi lebih seru xD. Shinhwa dengan Mr. Kim-nya yang sukses jadi aktor. Shinhwa dengan 15 tahun persahabatan, persaudaraan dan janji mereka buat ShinChang untuk selalu bersama dalam waktu 5,6,7, dan tahun-tahun kedepan selanjutnya. 

ahh terima kasih Shinhwa, udah nemenin gue ngelewatin masa-masa stress ngerjain skripsi. udah sering bikin gue katawa-ketawa sendiri nontonin video-video mereka, udah bikin gue nyari2 video lama mereka dan harus ngucek-ngucek mata dan puyeng gara2 nontonin video lama yang kebanyakan low quality. yang udah bikin gue ketawa cuma gara2 liat kelakuan mereka yang kadang bikin geleng2 kepala tanpa ngerti mereka ngobrolin apa karena video nya gak ada subtittle inggrisnya dan bahasa korea yang gue ngerti cuma "saranghaeyo" dan "daebak" aja~

jadi ShinChang berarti harus usaha sendiri. usaha buat tau kisah-kisah lama mereka. buat nonton video-video lama mereka. karena memang temen2 gue yang suka K-Pop gak ada yang ShinChang.

udah hampir setahun dari awal kenal sama Shinhwa sampe sekarang. udah hampir setahun suka ketawa-ketawa sendiri di depan laptop kalo lagi nontonin video mereka, udah hampir setahun lupa yang namanya galau, karena kalo lagi resah sedikit, langsung nyalain laptop --> buka folder Shinhwa --> nontonin video-video mereka --> bahagia. 

mimpi setiap fans adalah bertemu idola nyaa. saya pun begitu. semoga suatu saat bisa ketemu dan liat langsung kelakuan aneh mereka di atas panggung. sekarang harus cukup puas dulu dengan nonton mereka via video di laptop xD

ada ungkapan, bahagia itu sederhana. betul! se-sederhana gue yang suka sama Shinhwa dan bahagia liat kelakuan mereka. suka sama musik mereka. dan mengagumi loyalitas mereka sama satu nama, SHINHWA. 


p.s: credit for the owners of the photos that i used in this post. thank you~ :))

4 komentar:

Unknown mengatakan...

i love your post :)

dewa ayu desy mengatakan...

salam kenal :D
aku juga shincang sejak mereka jadi guest di RM
dan biasku dongwan sama minu
kunjungi blogku ya, cerita perkenalanku dengan shinhwa :)
http://desymoody.blogspot.com/2013/10/cerita-tentang-shinhwa-longest-running.html

Unknown mengatakan...

hi..aku sudah fans shinhwa pada tahun 1999 saat itu umurku baru 10th dan sudah terpikat oleh andy si cute maknae...
aku sudah menonton semua acara shinhwa kkkkkk.salam kenal

mrs kinky mengatakan...

hai, sama banget, tergila-gila sama ShinBang sampe akhirnya cari info tentang Shinhwa yang notabene jarang banget ada yang tau, aku juga sempet nulis tentang shinhwa, dua postingan, pertama tentang Shinhwa nya http://spicyetasty.blogspot.sg/2014/05/shinhwa-jjang.html , kedua tentang Eric yang menurut ku the best leader in History of kpop http://spicyetasty.blogspot.sg/2015/10/best-leader-eric.html , monggo dicek :)

Posting Komentar

 
Copyright 2009 blog POPPY. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase